LDK

 LDK
(Latihan Dasar Kepemimpinan)



Setelah dilantik menjadi OPPK, kami para anggota pun di latih memimpin dengan mengadakan acara yang biasa kita sebut LDK, kependekan dari Latihan Dasar Kepemimpinan. Dan acara kali ini kita bersama oleh SBRI.

Kalau biasanya, tradisi LDK itu hanya diperintukkan untuk kelas 11 atau OPPK agar dapat membuat MAPK lebih jaya lagi. Namun sekarang, atas kebijakan sekolah, adik-adik kelas 10 juga ikut serta berpartisipasi dalam acara ini.

Acara ini juga menyebutkan mengenai prinsip-prinsip seorang pemimpin dan juga beberapa nilai dasar yang harus ada pada seorang pemimpin, ada banyak memang, namun yang harus diketahui hanya ada 7 nilai dasar utama dalam kepemimpinan, yaitu:

  1. JUJUR
  2.  TANGGUNG JAWAB
  3. DISIPLIN
  4. VISIONER
  5. KERJA SAMA
  6. ADIL
  7. PEDULI
Selain 7 nilai dasar itu, juga ada beberapa sikap yang harus ada pada pemimpin yang dikemas dalam kata 5TABC, yaitu:

  •  Teladan
  • Tawadhu’
  •  Telaten
  •  Tanggung Jawab
  •  Teguh Pendirian
  •  Adil
  •  Bijak
  •  Cakap/kompeten


Selain materi, kita juga diajarkan untuk berani berbicara secara tegas didepan khalayak umum, diajarkan bagaimana cara agar pendengar itu sendiri tertarik dengan apa yang pembicara bicarakan. Melatih mental pribadi serta memperlancar olahan kata yang terucapkan.

LDK pun menerapkan beberapa nilai yang telah tersebut melalui berbagai game yang telah disusun untuk para peserta.


saling berpangku menuju garis merah
dengan sebuah kerja sama

mengatur strategi kebersamaan agar
sampai tujuan dengan lancar

melatih keberanian berbicara di khalayak umum

rehat pemijitatan setelah berbagai game yang terlaksana

kecepatan dan ketanggapan yang terlatih

Dari sini kita bisa mendapatkan ajaran-ajaran baru, berupa kerja sama dan kekompakan yang harus terbangun didalam suatu kelompok, kalau kalian menginginkan sebuah keberhasilan maka bekerja samalah dengan kawanmu, saling bantulah terhadap kawanmu.

Kalau kau tak miliki prinsip-prinsip seperti itu, akan susah jika kau akan melangkah kedepan. Jangan lupa terapkan 7 nilai dasar serta 5TABC ya 😉.




Komentar

Posting Komentar